Usai Salat Tarawih, Antusias Donor Darah  

Usai Salat Tarawih, Antusias Donor Darah  

JEMBER - Puasa Ramadan 1442 H tak menghalangi umat Islam yang menjadi relawan pendonor untuk tetap bersedakah melalui donor darah. Puluhan warga yang tinggal di sekitar masjid Jami’ Darul Muttaqin Balung (13/4/2021) tetap ikut donor darah. Mereka donor darah usai salat tarawih puasa Ramadan 14142 H. 

Kegiatan donor darah di masjid Jami’ Darul Muttaqin Balung sudah rutin digelar. Termasuk kegiatan saat  puasa ramadan tiap tahunnya. pasalnya, banyak relawan pendonor yang aktif mengikuti donor darah. Termasuk satu bulan Ramadan. “Kegiatan donor darah di masjid Jami’ Darul Muttaqin Balung sudah rutin. Kesadaran masyarakat sekitar untuk donor darah cukup tinggi, minimal bisa sedekah darah untuk sesama yang membutuhkan, ” kata H.EA, Zaenal Marzuki, SH, MH Ketua PMI Kabupaten Jember. 

Dia menuturkan, puasa tidak menghalangi para relawan pendonor darah untuk tetap donor darah. “Kalau tidak puasa donor darah bebas dilakukan, kalau pas puasa Ramadan lebih baik dilakukan pada malam hari, kebetulan di masjid-masjid pada Ramadan digelar salat tarawih sehingga usai salat tarawih mereka donor darah, ” imbuhnya. 

Tidak hanya mereka yang ikut sholat tarawih saja yang ikut donor darah. Banyak warga sekitar masjid yang ikut salat tarawih ikut datang saat donor darah dimulai.

 “Masyarakat sekitar masjid juga banyak yang ikut donor darah. Ini bukti bahwa kesadaran masyarakat untuk ikut donor darah meningkat, ” ujarnya. 

Apalagi, sambungnya, selama Ramadan ada suvenir menarik disiapkan oleh PMI  Kabupaten Jember untuk donor darah. “Ini program PMI, setiap ramadan ada suvenir khusus bagi pendonor yang lolos donor darah, ” ujarnya. 

dr. Dudung Ari Rusli, Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Jember menjelaskan bahwa pelaksanaan donor darah selama Ramadan 1442 H dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan. “Saat ini masih pandemi Covid-19 sehingga pelaksanaan donor darah tetap mematuhi protokol kesehatan, ” kata dr. Dudung

Dia menghimbau masyarakat untuk datang ke tempat-tempat donor darah malam hari selama Ramadan 1442 H. “PMI sudah menjadwalkan donor darah selama Ramadan 1442 di kantor kecamatan atau masjid terbesar di masing-masing kecamatan untuk kegiatan donor darah sukarela. Jadwal donor darah sudah kami sebar melalui media sosial, ” ujarnya. 

Alhamdulillah, Donor darah ramadhan di masjid Jami darul muttaqin kecamatan Balung berhasil peroleh 39 kantong dan tertolak 12 pendonor, sedangkan di Pendopo Kecamatan Kencong berhasil menghimpun 64 kantong dan yang gagal donor sebanyak 29 orang dikarenakan tensi rendah dan hb tidak memenuhi syarat donor. "Ucap dr. Dudung Ari Rusli. (Siswandi)

Jember Jatim
siswandi

siswandi

Previous Article

Muspika Rambipuji Cegah Sebaran Covid 19,...

Next Article

Bupati Bacakan LKPJ Kabupaten Jember Tahun...

Related Posts

Peringkat

Profle

Suhardi

Pardal Riyanto

Pardal Riyanto

Postingan Bulan ini: 70

Postingan Tahun ini: 213

Registered: Apr 15, 2021

siswandi

siswandi

Postingan Bulan ini: 31

Postingan Tahun ini: 182

Registered: Apr 13, 2021

Eka Putra

Eka Putra

Postingan Bulan ini: 31

Postingan Tahun ini: 106

Registered: Apr 16, 2021

Agung widodo

Agung widodo

Postingan Bulan ini: 24

Postingan Tahun ini: 217

Registered: Apr 15, 2021

Profle

Ryawan Saiyed

Terdakwa Agung Sucipto, JPU Tanya Saksi Peran NA, Asdar Akbar: Sidang Aneh
Anggota DPR RI Azikin Solthan Minta Kementan  Distribusikan Alsintan ber-SNI 
Akhirnya Pembunuh Mantan Istri Buron Selama 66 Bulan Berakhir Di Tangan Team Opsnal Polsek Pinggir
Waspada Pencurian Sepeda Motor di Bengkalis, MS Gasak Yamaha Jupiter Saat Parkir Tanpa Kunci Ganda

Follow Us

Recommended Posts

Gelar Operasi Yustisi di Termilal Pakusari, Gugus Tugas Covid 19 Tindak 57 Pengemudi Tak Bermasker
Danramil 0824/04 Sukowono Lakukan Jam Komandan, Mantapkan Tugas Pokok
Cegah Penyebaran Covid 19, Alun-alun Jember disasar Patroli Gugus Tugas Covid 19 Kabupaten Jember
Ketua Persit KCK Cabang 38 Kodim 0824/Jember, Pimpin Pengangkatan Wakil Ketua  dan Penyerahan Ketua Ranting
Jum'at Barokah, Kodim 0824/Jember Bantu Sembako Kaum Duafa dan Tukang Becak