Tari Tradisional Merupakan Karya Seni Turun Temurun Yang Harus Dilestarikan

Tari Tradisional Merupakan Karya Seni Turun Temurun Yang Harus Dilestarikan

JEMBER - Bupati Jember, Ir. H. Hendy Siswanto mengimbau agar para seniman dan budayawan yang ada di Kabupaten Jember membuat karya seni berupa seni tari dan seni lagu tradisional. 

Mengingat Indonesia adalah negara yang sangat terkenal dengan keragaman budaya yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Salah satu jenis keragaman budaya yang dimiliki Indonesia adalah tari tradisional. Bahkan bisa dibilang, tari tradisional adalah salah satu budaya dengan ciri khas yang beragam dari tiap daerahnya.

Pernyataan itu dikemukakan oleh Bupati Hendy saat memberi sambutan pada acara Malam Final Ramadhan Pop Song Religi yang digelar komunitas Jember Voice di Gedung Hendy Siswanto Center, Jalan Manyar, Slawu, Minggu malam (18/04/2021).

“Saya tantang anda semua para seniman serta budayawan menciptakan 248 karya seni unggulan yang khas dari seluruh desa dan kelurahan yang ada di Jember, ” ucap Bupati Hendy.

Bupati Hendy siap memberikan hadiah atas karya seni yang dihasilkan.

Dia mempunyai tekad kuat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jember. Bupati Hendy mengatakan bahwa potensi Jember sangat kaya dan luar biasa. Setiap desa6 dan kelurahan mempunyai beragam cerita, budaya dan keunikannya masing-masing.

Dia mewajibkan setiap ada acara apapun dan dimana pun , agar dibuka dengan penampilan tarian maupun lagu khas lokal setempat.

“Jadi harus punya seni budaya sendiri di setiap desa, tarian sendiri, lagu sendiri, pembatik sendiri, nah kalau semua sudah punya karya seni budayanya masing-masing ini akan mendongkrak pariwisata kita, efeknya meningkatkan perekonomian Jember, ” katanya

Sebab tari tradisional bukan saja sekadar kekayaan bangsa, tari tradisional adalah salah satu kesenian yang mengandung banyak filosofi, baik dari pakaian yang digunakan maupun gerakan tari yang ditampilkan. (Narno).

Jember Jatim
siswandi

siswandi

Previous Article

Anda Butuh Darah, Datang Langsung ke UDD...

Next Article

Tiga Pilar Kabupaten Jember Safari Ramadhan...

Related Posts

Jurnalis

Profle

siswandi

Follow Us

Recommended Posts

420 Vaksin Sasar Pelajar SMPN 7 Jember, Oleh Sebuan Vaksin Kodim 0824/Jember
Lakukan Operasi Yustisi di Depan Kantor.Bakorwil V Jember, Petugas Tindak 71 Orang
Serbuan Vaksin Kodim 0824/Jember Sasar Pelajar SMK Almujahidin Gumukmas
Kunjungi Ranting 16 Bangsalsari, Ketua Persit KCK Lakukan Rutinitas Pembinaan Organisasi
Dandim 0824/Jember Bersama Forkopimda Upacara Peringati Hari Jadi Provinsi Jawa Timur Secara Virtual