Jalankan Program One Day One Man Dandim 0824 Jember Bersama Kapolres Kunjungi Pabrik Pakan Ikan Apung

Jalankan Program One Day One Man Dandim 0824 Jember Bersama Kapolres Kunjungi Pabrik Pakan Ikan Apung

JEMBER -  Jalankan Program One Day One Man, Dandim 0824 Jember Letkol  Inf La Ode Muhammad Nurdin bersama Kapolres Jember AKBP Arif Rahman Arifin, Rabu 02/06/2021 mengunjungi Pabrik Pakan Ikan Apung Timoer Mandiri Feedmill di Dusun Muneng, Desa Kraton, Kecamatan Kencong.

Timoer Mandiri Feedmil adalah pabrik pakan ikan apung yang dibina oleh Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan Perikanan (KKP) RI melalui program Gerpari (Gerakan Pakan Mandiri). Saat ini Timoer Mandiri inten membina dan bermitra dengan masyarakat untuk melakukan optimalisasi budidaya perikanan agar terciptanya kemandirian masyarakat soal ekonomi serta ketahanan pangan.

M. Arif Sugiartani, pengelola Timoer Mandiri Feedmil mengatakan, awalnya ia mengembangkan produksi pakan ikan sejak tahun 2012 dengan menggunakan mesin buatan local. Seiring meningkatnya kebutuhan pakan ikan, Arif kemudian nekat membeli mesin dari luar negeri untuk meningkatkan kapasitas produksinya.

“Kami dibina oleh KKP melalui program Gerpari. Jadi pakan ikan yang kami hasilkan kualitasnya tinggi sudah berstandart SNI dan terintegrasi KKP. Tapi harganya lebih murah dari pakan pabrikan lainnya. Saya mengawali membuat pakan ikan atas dorongan dan support dari teman-teman sesama jurnalis yang tergabung di PWI Jember, ” ungkap lelaki yang sampai saat ini aktif sebagai Jurnalis di Jember ini.

Saat ini sedikit ilmu soal budidaya perikanan air tawar yang dimiliki Arif mulai disalurkan ke masyarakat secara luas, melalui berbagai program kemandirian masyarakat melalui perikanan budidaya.

Program inilah yang kemudian diapresiasi oleh Kapolres Jember AKBP Arif Rachman Arifin untuk mensupport para pelaku budidaya perikanan agar meningkatkan kemampuannya dalam berbudidaya.

Harapannya ialah ada peningkatan secara ekonomi. Jika secara ekonomi masyarakat bisa mandiri, Kapolres berharap angka kriminalitas juga bisa turun.

“Jika ada pembudidaya seperti ini di Jember, harus kita support agar lebih berkembang dan membantu masyarakat lebih luas lagi. Apalagi kalau saya perhatikan, jika diseriusi akan tercipta masyarakat mandiri, ” ungkap Kapolres.
 
Apalagi ketika ia membaca sebuah berita jika peluang ekspor perikanan air tawar dari Indonesia ke Eropa dan Timur tengah cukup tinggi, sehingga ia mendorong agar masyarakat meningkatkan teknologi budidayanya agar hasilnya lebih optimal.

Hal senada juga disampaikan oleh Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin. Bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari proflgram One Day One Man, sekaligus mamntapkan program ketahanan pangan salah satunya budidaya ikan adalah salah satu program TNI. Sehingga pihaknya juga akan intens dan mensupport kegiatan budidaya ikan air tawar di Jember kedepannya lebih meningkat karena memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi.

“Ini selaras dengan program kami. Makanya kami mendukung dan mensupport agar budidaya ikan air tawar lebih diminati oleh masyarakat secara luas. Apalagi potensi pasar baik lokal maupun ekspor hari ini terbuka lebar, ” ungkapnya.

Jember jatim
siswandi

siswandi

Previous Article

Danramil 0824/14 Panti Bekali Wawasan Kebangsaan...

Next Article

Kapolres Bersama Dandim 0824/Jember, Resmikan...

Related Posts

Peringkat

Profle

Suhardi

Pardal Riyanto

Pardal Riyanto

Postingan Bulan ini: 70

Postingan Tahun ini: 213

Registered: Apr 15, 2021

siswandi

siswandi

Postingan Bulan ini: 31

Postingan Tahun ini: 182

Registered: Apr 13, 2021

Eka Putra

Eka Putra

Postingan Bulan ini: 31

Postingan Tahun ini: 106

Registered: Apr 16, 2021

Agung widodo

Agung widodo

Postingan Bulan ini: 24

Postingan Tahun ini: 217

Registered: Apr 15, 2021

Profle

Ryawan Saiyed

Terdakwa Agung Sucipto, JPU Tanya Saksi Peran NA, Asdar Akbar: Sidang Aneh
Anggota DPR RI Azikin Solthan Minta Kementan  Distribusikan Alsintan ber-SNI 
Akhirnya Pembunuh Mantan Istri Buron Selama 66 Bulan Berakhir Di Tangan Team Opsnal Polsek Pinggir
Waspada Pencurian Sepeda Motor di Bengkalis, MS Gasak Yamaha Jupiter Saat Parkir Tanpa Kunci Ganda

Follow Us

Recommended Posts

Gelar Operasi Yustisi di Termilal Pakusari, Gugus Tugas Covid 19 Tindak 57 Pengemudi Tak Bermasker
Danramil 0824/04 Sukowono Lakukan Jam Komandan, Mantapkan Tugas Pokok
Cegah Penyebaran Covid 19, Alun-alun Jember disasar Patroli Gugus Tugas Covid 19 Kabupaten Jember
Ketua Persit KCK Cabang 38 Kodim 0824/Jember, Pimpin Pengangkatan Wakil Ketua  dan Penyerahan Ketua Ranting
Jum'at Barokah, Kodim 0824/Jember Bantu Sembako Kaum Duafa dan Tukang Becak